10 Tips Mengatasi Anak Sakit di Rumah

Untuk beberapa orang-tua, tidak ada yg lebih menggelisahkan ketimbang menyaksikan anak mereka yg tengah sakit. Jangan was-was. Percayakan pada insting jadi orang-tua. Namun tetaplah siaga apabila setiap saat membutuhkan pemberian tenaga kesehatan. Beberapa isyarat bahaya pada anak di antaranya: nafsu makan mengalami penurunan, rewel, lemah, sesak napas, ruam, kaku leher, kejang, demam tinggi, serta buang air kecil dikit.

Di bawah ini merupakan 10 tanda-tanda penyakit yg kerap diketemukan pada anak dan aksi yg dapat dikerjakan dalam rumah.

Mual serta muntah

Bayi seringkali muntah sehabis makan, namun muntah yg berat atau terus-terusan membutuhkan pelajari oleh dokter. Muntah yg diikuti diare menandai infeksi virus. Kehiilangan cairan badan gara-gara muntah bisa sebabkan dehidrasi. Dengan demikian, yakinkan kepentingan cairan anak terpenuhi dengan memberikannya minum dikit demi sedikit dengan frekwensi pemberian yg seringkali dari umumnya. Apabila muntah tidak berhenti dalam beberapa waktu atau diikuti dengan demam (terpenting pada bayi kecil) atau anak tidak pingin minum, lekas hubungi dokter.

Hidung terhalang

Apabila anak tengah flu, mereka umumnya merintih hidung terhalang. Jangan memberikannya obat flu yg dipasarkan bebas di bursa pasaran pada anak dibawah umur 4 tahun. Bisa dicoba meneteskan larutan saline (dipasarkan di apotek) ke hidung anak buat melelehkan lendir lalu disedot dengan aspirator/bulb syringe (pun dipasarkan di apotek). Dapat memakai alat penguap/vaporizer buat mendukung anak bernapas waktu malam.

Kembung

Bersendawa, menangis, serta buang angin bisa menjadi isyarat perut kembung. Perut kembung tidak sama seperti ngilu perut, yg dapat bikin anak menangis serta tidak dapat ditenangkan. Lantaran gas perut umumnya datang dari udara yg tertelan, coba buat memberikan makan pada anak dengan cara perlahan serta membebaskan anak bersendawa di celah makan. Gas dalam perut juga dapat datang dari makanan yg tinggi serat atau tinggi lemak, atau bisa pula lantaran minum juice kebanyakan.

Ngilu waktu gigi tumbuh

Pada kira-kira umur enam bulan, gigi pertama anak dapat mulai kelihatan di gusinya. Ngilu pada gusi waktu gigi tumbuh ini bisa bikin anak rewel. Ngilu bisa diredakan dengan memberikannya anak suatu yg dapat dikunyah. Memijat gusi anak dengan jari juga dapat mendukung.

Ngilu perut

Menangis yg tidak dapat ditenangkan, punggung melengkung ke belakang, serta muntah adalah tanda-tanda problem pencernaan. Soal ini dapat dipicu oleh kolik, refluks gastroesofageal, intoleransi, virus, atau yang menimbulkan lain. Sejumlah besar ngilu perut ini tidak beresiko serta dapat hilang sendiri. Apabila tidak lebih baik, atai anak muntah, diare, lemah, atau demam, lekas hubungi dokter.

Batuk

Batuk pada bayi bisa banyak ragam. Batuk menyalak seperti anjing laut bisa dipicu oleh penyakit croup. Batuk dengan demam yg tidaklah terlalu tinggi umumnya lantaran flu, namun apabila demamnya tinggi, dapat pneumonia atau masih bisa pula lantaran flu. Batuk diikuti nada napas mengi (wheezing) menandai asma atau infeksi. Bayi dengan pertusis dapat alami batuk rejan (whooping cough). Cool-mist humidifier bisa meredam tanda-tanda batuk. Jangan memberikannya obat batuk yg dipasarkan bebas di bursa pasaran pada anak dibawah umur 4 tahun.

Ruam

Bayi miliki kulit yg peka. Ruam bisa banyak ragam dari benjolan kecil-kecil kemerahan (milia) sampai plak merah, kering, gatal (eksim). Buat menahan ruam popok, tukarlah popok seringkali, serta poleskan pelembab buat perlindungan kulit. Pada eksim, jauhi sabun memiliki bahan keras serta menjaga kelembaban kulit. Rata-rata ruam tidak beresiko, namun jangan sangsi buat mengabari dokter apabila ruam menyebabkan ngilu, atau diikuti demam atau kulit melepuh.

Konstipasi

Beberapa bayi dapat buang air besar sekian kali dalam satu hari, beberapa bayi lainnya dapat beberapa saat sekali. Jangan risau. Konstipasi merupakan apabila tinja keras serta anak kesakitan waktu buang air besar. Dokter mungkin menganjurkan buat perbanyak minum air putih atau mengonsumsi juice buah. Apabila konstipasi berlangsung terus-terusan serta dibarengi tanda-tanda lain seperti ngilu perut atau muntah, lekas hubungi dokter.

Demam

Pada bayi baru lahir, demam, walaupun tidak tinggi, bisa menjadi isyarat dari satu infeksi serius. Lekas hubungi dokter apabila bayi dibawah umur 3 bulan miliki suhu rektal 38 ºC atau tambah tinggi, atau apabila bayi umur 3-6 bulan miliki suhu 38,3 ºC atau tambah tinggi. Mencari adakah ngilu di kira-kira telinga, batuk, anak kelihatan lemah atau mengantuk, ruam, muntah, atau diare. Tenangkan bayi dengan memberikannya minum, mandi air hangat, serta memakaikan kemeja yg tipis serta longgar. Tanyalah pada dokter obat penurun panas apa yg aman buat bayi.

Diare

Diare adalah penyakit yg kerap diketemukan pada anak. Pemicunya dapat mencakup infeksi, intoleransi, atau kebanyakan mengonsumsi juice buah. Hingga sampai diare berhenti, yakinkan kepentingan cairan anak tercukupi. Apabila anak dapat konsumsi makanan padat, jauhi susu serta produknya, jauhi serat yg sangat tinggi, serta jauhi makanan berminyak. Hubungi dokter apabila diare tidak lebih baik dalam 24 jam, bayi berumur kurang dari 6 bulan, atau diikuti tanda-tanda lain seperti demam 38 ºC atau lebih, muntah, tinja berwarna merah atau hitam, atau ngilu perut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *