Cara Mengatasi Kutu Rambut Kepala yang Mengganggu

Kutu rambut kepala adalah sama dengan binatang parasit yang diketemukan di rambut kepala manusia. Infeksi kutu rambut kepala disebutkan pedikulosis. Kutu rambut kepala, Pediculus humanus capitis, tidak sama dengan kutu rambut di anggota badan lainnya.

Siapapun yang dapat terinfeksi kutu rambut kepala?

Siapa juga yang lakukan kontak langsung dengan orang yang telah terinfeksi kutu rambut kepala, atau bahkan juga cuma kontak dengan busana atau benda lain yang terkontaminasi, terdapat resiko terinfeksi kutu rambut kepala ini. Kutu rambut kepala sangatlah simpel menyerang dari seorang ke orang. Beberapa anak umur prasekolah serta sekolah basic (umur 3-10 tahun) serta keluarganya lah yang kerapkali tertular kutu rambut kepala ini. Wanita lebih simpel tertular ketimbang pria.

Satu orang anak bisa tertular kutu rmbut kepala lewat cara-cara.

Kontak langsung dengan orang yang sudah terinfeksi kutu rambut kepala, contohnya di sekolah, tempat kerja, asrama, atau perkemahan.
Berpakaian yang sudah terkontaminasi oleh kutu rambut kepala, contohnya topi, jaket, pakaian, atau bahkan juga ikat rambut.
Gunakan sisir atau handuk yang sudah terkontaminasi kutu rambut kepala.
Berbaring pada tempat tidur, sofa, bantal, karpet, atau bahkan juga boneka yang awal kalinya dimanfaatkan oleh orang yang sudah terinfeksi, walau pengamatan tunjukkan jika risikonya menyusut jika telah lebih dari 48 jam sehabis beberapa benda itu dimanfaatkan oleh orang yang terinfeksi kutu ini.
Hewan seperti apa kutu rambut kepala itu?

Ada tiga bentuk kutu, ialah:

Disebutkan nit. Nit ini sukar disaksikan serta kerapkali disalahartikan jadi ketombe atau tersisa hair-spray. Nit menempel kuat ke batang rambut. Memiliki bentuk oval serta kebanyakan berwarna putih kekuningan. Nit habiskan waktu seputar 1 minggu untuk menetas.
Nit dapat menetas berubah menjadi bayi kutu yang disebutkan nimfa. Memiliki bentuk menyerupai dengan kutu dewasa, tapi ukurannya lebih kecil. Nimfa tumbuh berubah menjadi kutu dewasa dalam saat seputar tujuh hari sehabis ditetaskan. Nimfa mengisap darah dari kulit kepala jadi sumber makanannya.
Kutu dewasa. Kutu dewasa lebih kurang memiliki ukuran sebesar biji wijen, miliki enam kaki, serta berwarna putih keabuan. Pada seorang punya rambut gelap, warna kutu ini nampak lebih gelap. Kutu betina bekerja membuahkan telur; ukurannya juga semakin besar dari yang jantan. Kutu dewasa bisa hidup saat sampai 30 hari di kepala seorang. Kutu dewasa menyedot darah dari kulit kepala jadi sumber makanannya. Bila kutu lepas dari kepala seorang, kutu itu dapat mati dalam saat dua hari.
Kutu rambut kepala kerapkali diketemukan di kulit kepala di belakang telinga serta di batas rambut pada bagian belakang leher. Kutu ini melekat pada rambut dengan gunakan sejenis kait yang ada di ke enam kakinya. Walau jarang-jarang, kutu rambut kepala ini dapat juga diketemukan di rambut badan lainnya, alis, serta bulu mata.

Apa saja isyarat serta tanda-tanda infestasi kutu rambut kepala?

Isyarat serta gejalanya mencakup:

Sensasi seperti ada yang bergerak di rambut kepala.
Gatal (jadi reaksi alergi dari gigitan kutu)
Ngilu (bisa berlangsung sebab garukan); cedera sisa garukan ini dapat terinfeksi kuman lain sampai-sampai berlangsung komplikasi.
Masalah emosional, contohnya resah, stres, simpel berang.
Kutu rambut kepala didiagnosis jika diketemukan nit, nimfa, atau kutu dewasa di rambut serta kulit kepala. Menemukannya nimfa serta kutu dewasa kebanyakan cukup sukar sebab banyak cuma dikit, serta bisa bergerak dalam sekejap. Tetapi, ada nit bisa menolong pastikan studi.

Bagaimana penyembuhan kutu rambut kepala?

Supaya pengobatannya efisien, tidak cuma pasien saja, tapi keluarganya harus juga turut diobati dan rumah harus dibuat bersih. Butuh diingat jika penyembuhan cuma bisa dijalankan sehabis didapati tentu jika ada kutu yang masih hidup di rambut kepala.

Turuti beberapa langkah di bawah ini:

Bebaskan semua busana.
Gunakan obat kutu, yang disebutkan pedikulisid, sesuai arahan pemakaian yang tercantum pada merk. Gunakan dalam banyaknya yang cukup sesuai panjang rambut. Yakinkan rambut kering serta bersih sebelum menggunakan obat ini; serta jangan membersihkan rambut saat satu hingga dua hari sehabis menggunakan obat.
Tukar busana dengan yang bersih sehabis menggunakan obat kutu.
Bila dalam saat 8-12 jam masih diketemukan kutu yang hidup tapi gerakannya lebih lamban, sisir rambut serta membersihkan kutu rambut yang masih tinggal itu dengan manual.
Bila dalam saat 8-12 jam masih ada kutu rambut yang hidu serta gerakannya cepat, hubungi dokter.
Sisir pribadi kutu rambut (Jawa: serit) bisa dipakai untuk bersihkan kutu serta telurnya yang melekat di batang rambut.
Cek kembali serta membersihkan sisa-sisa kutu serta telurnya tiap-tiap 2-3 hari.
Hentikan penyembuhan dalam 7-10 hari.
Cek tiap-tiap 2-3 minggu hingga diyakinkan semua kutu serta telurnya sudah hilang.
Sesudah itu, bersihkan rumah adalah pekerjaan yang benar-benar penting, walau kuras tenaga. Turuti beberapa langkah di bawah ini:

Basuh semua busana serta kain pelengkap tempat tidur (sprei, sarung bantal, sarung guling, selimut, dll) yang kontak langsung dengan orang yang terinfeksi kutu dua hari sebelum mengawali terapis dengan obat anti kutu. Pakai air panas (±55 ºC) untuk membersihkan. Keringkan dibawah cahaya matahari yang cukup panas sekurang-kurangnya saat 20 menit.
Jemur benda yang tidak bisa dicuci (bantal, guling, boneka, dll) atau taruh dalam plastik yang tertutup rapat saat sekurang-kurangnya dua minggu. Dalam dua minggu, diinginkan semua telur yang melekat di beberapa benda itu sudah menetas serta nimfa yeng dibuat dapat mati sebab tak dapatkan sumber makanan.
Rendam sisir saat satu jam dalam alkohol 70%, Lysol, atau basuh dengan sabun serta air panas (±55 ºC), lantas tambahkan dalam kantong plastik serta taruh dalam freezer saat dua hari.
Membersihkan lantai serta perlengkapan. Jangan gunakan pestisida semprot sebab jika terhirup manusia, dapat beresiko.
Bila ada salah satunya bagian keluarga yang terinfeksi kutu rambut kepala, cek bagian keluarga lainnya tiap 2-3 hari. Bila ada bagian keluarga lain yang ada kutu rambut di kepalanya, bagian keluarga yang tertular itu harus juga memperoleh terapis. Dan buat bagian keluarga lain yang tak tertular, tak perlu memperoleh penyembuhan. Masalah ini butuh dilihat sebab obat anti kutu kepala itu bukan tak miliki resikonya yang tak baik buat badan.

Untuk anak berumur dibawah 2 tahun, ibu hamil serta menyusui yang terinfeksi kutu rambut kepala, pengobatannya harus sesuai arahan dokter. Tak bisa diobati sendiri dengan obat yang di jual bebas. Masalah ini disebabkan beberapa bahan obat miliki resikonya yang beresiko buat beberapa anak, ibu hamil serta menyusui.

Banyak obat-obat anti kutu rambut kepala yang di jual bebas. Obat-obat itu kebanyakan punya kandungan bahan tersebut:

Walau aman serta efisien, pyrethrin ini tak dapat membinasakan telur (nit), cuma dapat membunuh kutu yang dapat bergerak. Sampai-sampai terapis dengan obat ini kebanyakan diulangi dalam 7-10 hari sejak mulai pemanfaatan yang pertama-tama untuk membunuh kutu yang baru menetas. Obat ini tak direkomendasikan untuk anak dibawah 2 tahun, ibu hamil serta menyusui.
Permethrin miliki karakter yang hampir mendekati dengan pyrethrin, ialah cuma membunuh kutu yang bergerak. Tetapi, obat ini miliki periode kerja yang lumayan panjang, sampai-sampai bahkan juga masih dapat membunuh kutu yang baru menetas sekian hari sehabis pemanfaatan obat yang pertama-tama. Pemanfaatan obat kembali mungkin saja dibutuhkan dalam 7-10 hari sehabis pemanfaatan yang pertama-tama untuk membunuh kutu yang baru menetas. Obat ini cukup aman dipakai untuk anak dibawah 2 tahun, ibu hamil serta menyusui.
Obat ini kerja dengan melapisi permukaan rambut sampai-sampai kutu tak dapat hidup sebab kehabisan udara. Efektifitasnya masih belumlah pasti, terkadang efisien, terkadang gagal membunuh kutu.
Bila ragu-ragu atau mungkin tidak tahu obat apa yang penting dimanfaatkan, lekas hubungi dokter. Dalam gunakan obat anti kutu, yakinkan membaca merk serta arahan pemanfaatan lebih dahulu.

Jangan gunakan obat dalam banyaknya yang terlalu berlebih sebab tidak hanya resikonya yang tak baik, efektivitasnya tidak juga dikontrol oleh banyaknya obat yang dimanfaatkan. Yang memilah cuma luas permukaan yang penting diobati. Mempunyai arti orang yang punya rambut panjang serta lebat kemungkinan perlu obat semakin banyak ketimbang orang yang punya rambut pendek serta tipis.

Bila sehabis 2x pemanfaatan obat masih ada kutu yang hidup, lekas hubungi dokter. Jangan coba mencampurkan beberapa obat anti kutu juga sekaligus sebab resikonya dapat beresiko.

Bagaimanakah cara menghindar kutu rambut kepala?

Tak simpel untuk menghindar penyakit ini sebab kutu rambut kepala sangatlah simpel berganti dari satu tempat ke lain tempat (simpel menyerang). Tetapi, sedapat mungkin jauhi menggunakan busana atau sisir dengan berganti-gantian, terlebih dengan orang yang sudah terinfeksi kutu rambut kepala. Bila keluarga, kawan kerja, kawan sekolah, tetangga atau kerabat dekat lain ada yang terinfeksi kutu rambut kepala, cek rambut kepala sendiri tiap 2-3 hari untuk pastikan tak tertular.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *