Kulitmu Bisa Mengatakan Apa Penyakitmu

Kulit bisa jadi jendela status kesehatan seorang. Beberapa penyakit – terhitung beberap salah satunya merupakan penyakit serius – pertama-tama nampak jadi problem kulit.

Butterfly Rash

Butterfly rash merupakan ruam kemerahan yg berwujud seperti kupu-kupu yg nampak di wajah. Ruam ini sebagai satu diantara sinyal awal penyakit lupus. Tetapi, jangan begitu cepat ambil ringkasan. Penyakit lain seperti dermatitis kontak atau rosacea juga dapat memunculkan tanda-tanda yg seperti dengan ruam ini. Bila nampak ruam yg menyangsikan begini di wajah, jangan kuatir untuk mengontak dokter.

Velvety Plaques

Plak-plak seperti velvet (kain beludru) di leher serta/atau ketiak tunjukkan diabetes. Keadaan ini – dikatakan acanthosis nigricans – juga dapat dipicu oleh obesitas atau dapat juga tak dipicu oleh penyakit apa pun, akan tetapi sebagai peristiwa alamiah pada type kulit spesifik. Tapi yg kerap merupakan sebab diabetes. Pada beberapa kasus yg jarang-jarang, acanthosis nigricans ini tampil di anggota badan lainnya, semisalnya tangan atau bibir, yg tunjukkan peluang ada penyakit keganasan di satu diantara organ dalam.

Plak pada kaki: Pinggir merah, tengah keemasan

Beberapa dokter menyebut necrobiosis lipoidica diabeticorum. Sesuai dengan namanya, lesi ini sebagai sinyal ciri khas diabetes, tapi jarang-jarang nampak. Sebelumnya lesi ini nampak jadi plek kemerahan biasa, tapi selanjutnya jadi lebih jelas warnanya dengan batas tegas. Kulit yg terserang mungkin saja akan alami pecah-pecah serta berasa gatal atau ngilu.

Tonjolan keunguan gatal pada pergelangan tangan

Lichen planus sebagai ruam yg berbentuk benjolan kulit yg lebar dengan permukaan mendatar, berwarna merah keunguan, yg terasa gatal. Ruam ini umumnya tampil di pergelangan tangan atau pergelangan kaki, tapi mungkin saja diketemukan di mulut atau di punggung, leher, serta genital. Pemicunya belum didapati, tapi banyak disangkutkan dengan penyakit hepatitis C, biarpun tak banyak orang yg alami ruam ini dapat di buktikan menanggung derita hepatitis atau penyakit apa pun.

Plak di punggung seperti kulit jeruk, berwarna kemerahan

Shagreen patches sebagai lesi berwarna kemerahan pada punggung yg mempunyai struktur seperti kulit jeruk. Lesi ini umumnya nampak bertepatan dengan kelainan kalit lain: tonjolan seperti jerawat berwarna merah kecoklatan di kurang lebih pipi serta hicung; serta bercak keputihan berwujud seperti daun (oval pada satu ujung serta lancip pada ujung yang lain) di tubuh. Plak ini sebagai sinyal dari penyakit genetik langka yg dikatakan tuberous sclerosis yg mengakibatkan tumbuhnya tumor jinak di otak serta organ penting yang lain.

Tripe Palms

Tripe palms tunjukkan kondidi kulit dimana kulit telapak tangan menebal serta berwarna keputihan dengan lipatan-lipatan pada garis tangan. Kulit kelihatan mirip babat rebus. Kurang lebih 90% kelainan kulit ini terkait dengan kanker. Bila cuma tampil di telapak tangan, peluang merupakan kanker paru. Bila tripe palms diikuti dengan acanthosis nigricans, peluang merupakan kanker lambung.

Tangan serta kaki seperti kayu

Pertama-tama diketemukan pada tahun 1997, nephrogenic systemic fibrosis berasal dari pergantian warna kulit berubah menjadi kecoklatan diikuti penonjolan pada kulit tangan serta kaki. Dalam sekejap, kulit tangan serta kaki itu berubah menjadi berwarna cokelat serta teraba seperti kayu. Terkadang pula diikuti dengan bintik kecil kekuningan di mata. Belakangan ini beberapa periset mendapatkan kalau zat kontras yg dimanfaatkan untuk kontrol MRI mengundang munculnya kelainan kulit ini pada pasien dengan penyakit ginjal.

Ruam bersisik pada pantat, diikuti lidah merah

Untungnya, necrolytic migratory erythema ini begitu jarang-jarang. Memiliki bentuk berbentuk ruam bersisik kemerahan, terkadang diikuti erosi kulit mudah, seringkali diketemukan pada lanjut usia. Kebanyakan berasal dari lipatan pantat atau telapak tangan, tapi dapat juga di anggota badan lain. Umumnya diikuti dengan lidah berwarna merah jelas serta begitu ngilu. Keadaan ini menandai ada tumor pankreas, umumnya glucogonoma.

Kebanyakan kelainan kulit tak tunjukkan penyakit apa pun dari dalam badan. Ditambah lagi bila kelainan kulit itu lenyap sendiri sejalan dengan berjalannya waktu. Bila kuatir atau takut kalau kelainan kulit yg terkena dipicu oleh penyakit dari organ dalam, jangan kuatir untuk mengontak dokter. Dokter akan mengerjakan kontrol selanjutnya untuk mendapatkan pemicunya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *