Mengenal Flu Singapura

Di era kekinian ini bertambah banyak saja tipe sejumlah penyakit baru yang tampak. Tak kecuali penyakit yang tengah booming sekarang ialah flu singapura atau dalam arti medis dimaksud Hand, Foot and Mouth Disease. Penyakit ini diberi nama flu singapura lantaran penyakit ini banyak terkena masyarakat singapura sampai hingga wafat. Tanda-tanda penyakit ini awal mula demam tinggi 2-3 hari, disertai sakit leher (faringitis), tak ada nafsu makan, pilek, tanda-tanda seperti flu umumnya yang gak mematikan. Muncul vesikel yang lantas pecah, ada 3-10 ulkus di mulut seperti sariawan (lidah, gusi, pipi samping dalam) merasa ngilu hingga susah untuk menelan. Bertepatan dengan itu muncul rash/ruam atau vesikel (lepuh kemerahan/blister yang kecil serta rata), papulovesikel yang tak gatal ditelapak tangan serta kaki. Kadang rash/ruam (makulopapel) ada dibokong. Penyakit ini kebanyakan bakal tambah baik sendiri dalam 7-10 hari, serta tidak usah dirawat di rumah sakit.

Penyakit ini ialah “self limiting diseases”, ialah bisa pulih dengan sendirinya, dalam 7-10 hari, pasien butuh istirahat lantaran ketahanan badan alami penurunan. Pasien yang dirawat ialah yang dengan tanda-tanda berat serta komplikasi tertera diatas. Pada pasien yang menanggung derita penyakit ini perlu selalu mandi, tapi sewaktu menggosok badan dengan sabun mesti perlahan-lahan supaya bintil berairnya tak pecah. Apabila demam pasien begitu tinggi, bisa dibantu dengan kompres serta obat penurun panas. Apabila sisi kulit yang ada ruam serta bintil berair merasa gatal, bisa diberi dengan bedak pengurang rasa gatal. Bintil yang pecah bisa dikasih salep antibiotik untuk mencegahmenyebarnya infeksi. Pasien yang tidak ingin minum serta makan, tubuhnya bisa jadi kekurangan cairan (dehidrasi), hingga rawan pada infeksi yang lebih berat. Untuk pasien begitu, jadi butuh dirawat di rumah sakit supaya mendapatkan therapy cairan yang cukup. Dalam banyaknya kecil, ada pasien yang alami komplikasi yang cukup berat ialah ensefalitis (radang selaput otak). Pasien HFMD dengan ensefalitis mempunyai tanda-tanda demam yang tak henti tinggi serta hilang kesadaran.

Penyakit ini seringkali berlangsung pada penduduk dengan sanitasi yang kurang baik. Mencegahan penyakit dengan hilangkan kekumuhan serta kepadatan lingkungan; kebersihan (Higiene serta Sanitasi) lingkungan atau individual. Trik yang paling ringan dilaksanakan ialah semisalnya melatih senantiasa bersihkan tangan, terutama sesudah bersisihan dengan pasien, desinfeksi perlengkapan makanan, mainan, handuk yang sangat mungkin terkontaminasi. Senantiasa hati-hati serta selekasnya berobat bila anak tidak ingin makan-minum, muntah terus-terusan serta senantiasa mengantuk tetapi anak susah dibangunkan. Anak yang terkena penyakit ini dapat dipertinggi ketahanan tubuhnya dengan konsisten makan dengan teratur, dengan gizi yang baik, makanan sebaiknya cukup memiliki kandungan protein serta kalori. Direkomendasi minum sebanyak-banyaknya, terpenting sari buah fresh, sekaligus juga untuk cukupi kepentingan mineral serta vitamin anak yang terkena penyakit ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *