Mengenal Penyakit Kaki Gajah

Penyakit Kaki Gajah biasa disebutkan Filariasis atau Elephantiasis. Penyakit kaki gajah yakni grup penyakit menebar yg dikarenakan oleh cacing Filaria yg disebarkan lewat beberapa model nyamuk. Sehabis tergigit nyamuk, parasit (larva) dapat merambat. Jika hingga ke jaringan metode limpa karena itu berkembanglah jadi penyakit itu.

Seandainya penyakit ini tidak lekas dikasihkan penyembuhan, karena itu bisa sebabkan penyakit berwujud kritis yakni cacat tinggal berbentuk pembesaran kaki, lengan, serta alat kelamin, baik wanita atau laki laki. Penyakit Kaki Gajah tidaklah penyakit yg mematikan, tapi bisa menganggu pekerjaan keseharian serta berefek kurang baik pada estetika badan.

Penebaran Penyakit Kaki Gajah

Penyakit ini disebarkan lewat nyamuk yg mengisap darah satu orang yg sudah tertular awalnya. Darah yg terinfeksi serta memiliki kandungan larva serta dapat disebarkan ke orang saat nyamuk yg terinfeksi menggigit atau mengisap darah orang itu.

Sinyal serta Tanda-tanda Penyakit Kaki Gajah

Tanda-tanda kronis:

Demam berulang-kali sepanjang 3-5 hari, demam bisa hilang jika istirahat serta nampak sehabis kerja berat
Pembengkakan kelenjar getah bening (tidak ada cedera) di wilayah lipatan paha, ketiak yg kelihatan kemerahan, panas, serta sakit
Radang aliran kelenjar getah bening yang dirasa panas serta sakit yg merambat dari pangkal kaki atau pangkal lengan menuju ujung (retrograde lymphangitis)
Filarial abses gara-gara biasanya menanggung derita pembengkakan kelenjar getah bening, bisa pecah serta keluarkan nanah dan darah
Pembesaran tungkai, lengan, buah dada, buah zakar yg kelihatan lumayan kemerahan serta berasa panas (early lymphodema)
Sedang tanda-tanda kritis dari penyakit kaki gajah yakni berbentuk pembesaran yg tinggal (elephantiasis) pada tungkai, lengan, buah dada, buah zakar.

Kontrol Diagnostik Kaki Gajah

Penyakit kaki gajah ini normalnya terdeteksi lewat kontrol mikroskopis darah. Hingga sekarang hal semacam itu masih dirasa susah dikerjakan sebab microfilaria cuma nampak serta tampilkan diri dalam darah pada saat malam hari sepanjang beberapa saat saja (nocturnal periodicity). Teknik kontrol yg lebih dekati menuju pengamatan serta disadari oleh faksi WHO dengan jalan kontrol metode “Tes kartu”, Yakni melalui cara ambil sample darah metode tusukan jari droplets di waktu kapan saja, tidak harus pada malam hari.

Penyembuhan Kaki Gajah

Maksud khusus dalam perlakuan awal pada pasien penyakit kaki gajah yakni memberantas parasit atau larva yg berkembang pada badan pasien, sampai-sampai tingkat penebaran bisa didesak serta dikurangi. Diethylcarbamazine (DEC), yakni cuma satu obat filariasis yg ampuh baik untuk filariasis bancrofti atau malayi, berwujud makrofilarisidal serta mikrofilarisidal. Obat ini termasuk murah, aman, serta tidak ada resistensi obat. Pasien yg mendapat therapy obat ini kemungkinan memberi reaksi samping sistemik serta lokal yg berwujud sesaat serta ringan ditangani dengan obat simtomatik.

Mudah-mudahan berfaedah !

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *